Ijin Tak Pakai Jilbab, Putri Asal NAD Menang


VIVAnews – Putri asal Nangroe Aceh Darussalam dinobatkan sebagai Putri Indonesia 2009. Qori Sandrioriva (18) mengalahkan dua pesaingnya, Zukhriatul Hafizah dari Sumatera Barat dan Isti Ayu Pratiwi, asal Maluku Utara.

Untuk kali pertamanya, putri asal Negeri Serambi Mekah mewarisi mahkota kecantikan Puteri Indonesia.

Jumat malam, 9 September 2009, Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah jadi saksi saat paling membahagiakan bagi mahasiswa Bahasa Perancis, Universitas Indonesia itu.

Saat Isti Ayu Pratiwi dinobatkan sebagai runner up II, sekaligus bergelar Putri Pariwisata, Qori dan Fiza, semakin dekat menuju kemenangan. Dua perempuan cantik dari pulau Sumatera itu berpelukan. Senyum tersungging di bibir dua calon puteri itu, tapi tak bisa menutupi perasaan cemas mereka.

Akhirnya terjawab, Qori Sandrioriva, puteri Nangroe Aceh Darusalam, sebagai Putri Indonesia 2009, saat Zakhriatul dinobatkan sebagai runner up I, yang juga bergelar Putri Lingkungan Hidup.

Tidak mudah bagi Qori membawa nama provinsinya, Nangroe Aceh Darussalam (NAD). Kampung halamannya tersebut memegang teguh syariah Islam. Berbeda dengan para pendahulunya di ajang Putri Indonesia, yang mengenakan jilbab, Qori tidak mengenakan penutup kepala itu.

Untuk mengikuti ajang Putri Indonesia ini, Qori bahkan harus meminta izin pemerintahan NAD, dan meminta izin gubernur NAD lewat Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan (Menneg PP).

“Bukan berarti saya membuka jilbab. Ini adalah keinginan saya sendiri. Aslinya, saya memang tidak memakai jilbab,” kata Qori, saat jumpa pers, usai dinobatkan sebagai Putri Indonesia 2009, di Teater Tanah Airku, TMII, Jumat malam, 9 Oktober 2009. Gadis kelahiran 17 Agustus 1991 itu menegaskan, “Saya tidak ingin ada kontorversi.”

Ibunda Qori, Hj. Fariyawati memastikan, masalah jilbab adalah panggilan dari hati, dan puteri keduanya itu belum siap untuk mengenakan kerudung. “Dalam sejarah Aceh, Cut Nyak Dien saja tidak memakai jilbab. Jilbab adalah budaya untuk masyarakat Aceh,” tegas sang Bunda membela putrinya.

Miss Universe adalah langkah besar Qori berikutnya. Seperti yang sudah-sudah, apa Qori siap menghadapi kontroversi pakaian renang di ajang kecantikan perempuan sejagad tersebut? Fariyawati merestui sang puteri di ajang internasional itu. Ia menegaskan, puterinya tetap akan membawa budaya Timur. “Saya sarankan pada Qori untuk tetap memakai pakaian renang one piece,” tandasnya.

Sebelum mengikuti Puteri Indonesia, selain sebagai mahasiswi, Qori pernah membintangi beberapa judul sinetron, dan FTV. “Qori pernah kontrak dengan multivision membintangi sinetron. Dia juga pernah ikut audisi Ketika Cinta Bertasbih bersama Alice Norin,” ungkap sang bunda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s