Bogor Akan Jadi Kota Halal


VIVAnews – Walikota Bogor Diani Budiarto menyatakan, Pemerintah Kota Bogor masih terus menggarap program Bogor sebagai kota halal. Masyarakat muslim di Kota Bogor akan memperoleh kepastian mengenai kehalalan makanan, munuman, maupun obat-obatan yang dikonsumsinya.

“Setelah dicanangkannya Kota Bogor sebagai Kota halal, nantinya tidak ada lagi masyarakat muslim di Kota Bogor merasa ragu, terhadap makanan, minuman dan obatan yang dikonsumsinya” ungkapnya saat bersilaturahmi dengan ulama, tokoh masyarakat dan jamaah calon haji (calhaj) KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) An Nur Cimanggu Kedungwaringin Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor, Senin 12 Oktober 2009.

Diani menyebutkan, saat ini masih banyak makanan, minuman dan obat-obatan yang masih diragukan kehalalannya oleh masyarakat muslim.
Makanya, dengan rencana digulirkannya Kota Bogor sebagai Kota halal diharapkan masyarakat  muslim tidak akan ragu lagi dalam mengkonsumsi makanan, minuman atau obatan-obatan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk menuju kearah kota halal, dimulai dari fasilitasnya dengan jaminan sertifikasi halal yang dikeluarkan MUI (Majlis Ulama Indonesia).

Fasilitas milik Pemkot Bogor yang sudah dijamin halal adalah RPH (Rumah Potong Hewan), dan PDAM Tirta Pakuan. “Jadi, adanya sertifikasi halal untuk memberikan kepastian terhadap masyarakat bahwa produk kita dijamin halal,”jelas Diani.

Menurut Diani, dengan dimiliknya  sertifikasi halal bukan berarti mengurangi atau membatasi produk – produk yang masuk ke Kota Bogor. Namun harus ada kejelasan konten di dalamnya.

Seperti makanan, harus dijelaskan kepada masyarakat makanan yang terkandung di dalamnya. “Jadi, kalau ada indikasi haram, tidak untuk ditutup-tutupi, sehingga masyarakat bisa memiliah-milah mana makanan yang boleh dikonsumsi dan mana yang tidak, “ terangnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s