Syuting Film Julia Roberts Diprotes Warga Gianyar


GIANYAR–MI: Syuting film Eat, Pray, Love (EPL) yang dibintangi artis Julia Roberts di Desa Bentuyung, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Kamis (15/10), diwarnai unjuk rasa warga setempat.

Warga desa menuntut realisasi janji pemberian uang Rp300 juta dari pihak manajemen pembuat film sebagai kompensasi atas pemakaian wilayah desa mereka sebagai lokasi syuting.

Syuting film Julia Roberts di Desa Bentuyung pada Kamis dilakukan di tengah areal persawahan yang dijaga ketat aparat keamanan. Seluruh warga yang tidak berkepentingan dilarang masuk areal syuting termasuk para wartawan.

Unjuk rasa terjadi ketika puluhan warga berkumpul di Balai Desa selama proses syuting berlangsung. Warga Desa Bentuyung yang didominasi laki-laki dewasa keluar rumah dan berkumpul di balai banjar setempat untuk menagih janji pihak manajemen.

Mereka menuntut janji yang pernah disampaikan oleh pihak manajemen pembuatan film EPL, yang akan memberi uang sebesar Rp300 juta, sebagai kompensasi penggunaan wilayah desa sebagai lokasi syuting.

“Dulu pernah dijanjikan akan diberi Rp300 juta, tapi sampai sekarang tidak diberikan. Dalam syuting ini, lahan milik desa yang dipakai syuting dibayar sedikit, tapi kalau lahan milik perseorangan yang dipakai syuting dibayar lebih banyak, ini kan tidak adil,” kata Bendesa Desa Bentuyung Gede Calpin.

Bupati Gianyar Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati langsung turun tangan menenangkan warga. Bupati yang biasa disapa Cok Ace ini meminta warga tetap tenang agar proses syuting film EPL di Desa Bentuyung bisa berjalan lancar.

“Ini akan kita cari jalan keluarnya. Jangan sampai ribut, karena syuting film ini juga untuk kepentingan pariwisata Ubud dan Bali. Ini mungkin ada pihak-pihak tertentu yang mempengaruhi warga,” kata Cok Ace.

Bersama aparat kepolisian setempat, Bupati Gianyar juga berhasil menghalau warga yang hendak menyerbu lokasi syuting. Setelah terjadi negosiasi yang alot, warga akhirnya bubar walau belum ada kepastian dari pihak manajemen untuk memberikan konpensasi kepada warga setempat. (OL/OL-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s