Hai Salju, Dilarang Masuk Moskow


VIVAnews – Walikota Moskow, Yuri Luzhkov, membuat janji ambisius dan terkesan tak masuk akal. Dia bertekad akan mengurangi hujan salju di Moskow – paling tidak hingga seperlima dari tingkat biasa – saat ibukota Rusia itu mulai menghadapi musim dingin.

Demi mewujudkan janjinya, Luzhkov akan menginstruksikan Angkatan Udara dan Sistem Pertahanan Udara Rusia untuk menghalau datangnya gelombang udara dingin. Gelombang udara itu akan dihantam oleh es kering (dry ice) dan partikel-partikel yodium perak.

Tujuannya agar mengurangi curah hujan salju, yang biasanya turun sangat deras di Moskow di setiap akhir tahun. Gelombang udara dingin penyebab hujan salju selanjutnya diarahkan ke desa-desa dan kota-kota satelit di sekitar Rusia. Bagi Luzhkov, pemindahan hujan salju itu juga berguna untuk menyehatkan lahan-lahan pertanian sebelum datangnya musim panen.

Walikota Moskow rupanya sudah muak dengan lebatnya hujan salju karena telah menimbulkan gangguan produktivitas, bahkan membutuhkan biaya jutaan dolar untuk membersihkan jalan-jalan dan sarana-sarana umum dari tumpukan salju.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Moskow, Andrei Tsybin, Rabu lalu mengungkapkan bahwa program menghalau hujan salju itu membutuhkan biaya sedikitnya 180 juta rubel (sekitar Rp 57,4 miliar). Namun biaya itu tergolong lebih rendah dari biaya yang setiap tahun dikucurkan pemerintah kota untuk membersihkan salju, yang nilainya bisa hampir dua kali lipat lebih besar.

Para pejabat tidak mengungkapkan kapan program pencegahan hujan salju di Moskow dimulai. Namun, mereka menilai ini bisa menjadi proyek percontohan yang bisa ditiru negara-negara lain, bila berhasil.

“Bila berlangsung dengan baik, Chicago (AS) dan Montreal (Kanada) ingin mencontoh kami,” kata Sergei Markov, anggota parlemen Rusia di Moskow. (AP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s