Bumi Akan Lenyap 20 Tahun Lagi!


Sebuah bintang bernama T Pyxidis siap meledak dengan kekuatan setara 20 miliar miliar miliar megaton bahan peledak TNT. Menurut para ilmuwan, ledakan dahsyat (supernova) tersebut bisa melenyapkan Bumi dari Galaksi Bimasakti.

Seperti dikutip dari laman harian Telegraph, Rabu 6 Januari 2010, meski bintang tersebut ditaksir berjarak sekitar 3.260 tahun cahaya, ledakan dari termonuklir bisa menghapus lapisan ozon Bumi. Dalam konteks galaksi, jarak 3.260 tahun cahaya itu terhitung dekat.

Para pakar astronomi dari Villanova University, Philadelphia, Amerika Serikat, mengatakan bahwa satelit penjelajah, International Ultraviolet Explorer, menunjukkan T Pyxidis memiliki dua bintang yang salah satunya disebut kurcaci putih yang menyedot gas dan terus membesar. Saat si kurcaci putih itu mencapai massa tertentu, maka dia akan meledak dengan sendirinya menjadi kepingan-kepingan yang lebih kecil kecil.

Ledakan itu akan sama terangnya dengan bintang-bintang lain di galakasi ini yang dikumpulkan. Teleskop angkasa luar Hubble telah mengambil gambar bintang yang sedang bersiap melakukan ledakan maha dahsyat (bing bang) dengan serangkaian ledakan yang lebih kecil yang disebut “nova.”

Ledakan semacam ini terjadi secara teratur setiap 20 tahun sekali sejak 1890, tetapi berhenti setelah tahun 1967. Jadi, kata ilmuwan Edward M Sion, Patrick Godon, dan Timothy McClain dari American Astronomical Society di Washington, Amerika Serikat, ledakan berikutnya diperkirakan akan terjadi dalam kurun 20 tahun ke depan.

Robin Scagell, wakil presiden Society for Popular Astronomy, Inggris, mengatakan, “Bintang itu kemungkinan akan segera menjadi supernova, tetapi kata ‘segera’ bisa berarti masih lama lagi, jadi jangan khawatir.” • VIVAnews

One thought on “Bumi Akan Lenyap 20 Tahun Lagi!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s