Steven Spielberg “Bangun” Kembali Gedung WTC New York


Pembangunan kembali Ground Zero menarik perhatian sutradara kondang AS, Steven Spielberg yang akan membuat film dokumenternya untuk televisi.

Saluran televisi Science Channel hari Kamis kemarin menyebutkan bahwa Spielberg akan menjadi menyutradarai sekaligu menjadi eksekutif produser film dokumenter “Rebuilding Ground Zero” yang terdiri dari enam seri. Film dokumenter ini sudah bisa dinikmati penonton televisi tahun 2011 mendatang.

Menurut laporan Science Channel, Spielberg akan menggunakan teknologi tiga dimensi, kamera-kamera khusus dan memanfaatkan model komputer teknik dalam pembuatan film dokumenter itu.

AS akan membangun kembali gedung World Trade Center yang tahun 2001 lalu luluh lantak oleh serangan teroris. Gedung baru itu nantinya akan menjadi gedung tertinggi di AS dengan ketinggian 541 meter.

Walikota New York Michael Bloomber dalam pernyataannya mengatakan, upaya membangun kembali gedung WTC di Ground Zero sekaligus sebagai penghormatan terhadap para korban serangan 11 September. Oleh sebab itu, di kompleks gedung baru nantinya akan dibangun sebuah museum nasional dan monumen peringatan peristiwa yang disebut Black September itu.

Rencana pembangunan kembali gedung WTC di New York sempat tersendat-sendat karena pertentangan dengan pihak asuransi, perbedaan pendapata soal disain dan sistem keamanan gedung serta sulitnya mencari calon penyewa gedung. Gedung baru tersebut, awalnya diberi nama “Freedom Tower” tapi tahun 2008 lalu disepakati untuk tetap menggunakan nama gedung World Trade Center. Pengerjaan gedung baru WTC secara resmi sudah dimulai akhir tahun 2006 lalu dan ditargetkan selesai tahun 2013. (ln/hrz)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s