Ingin Masuk Timnas, Pemain China Harus Bayar!


Membela skuad tim nasional jelas menjadi impian setiap pesepakbola. Namun, siapa sangka, di China kesempatan itu harus diraih dengan harga mahal, dalam arti sesungguhnya.

Ya, harian lokal Shanghai Oriental Post melansir, Rabu (27/1/2010), para pesepakbola China membayar sejumlah besar uang untuk mendapatkan tempat di kamp latihan timnas. Itu belum termasuk biaya tambahan yang harus dibayar untuk melakoni pertandingan internasional.

Menurut laporan Oriental Post, satu kunjungan ke kamp latihan skuad junior mengharuskan seorang pemain merogoh kocek hingga 80 ribu yuan (12 ribu dolar AS). Sementara, untuk berlatih bersama skuad senior dihargai 100 ribu yuan (15 ribu dolar). Dan, untuk ikut ambil bagian pada laga internasional, pemain setidaknya membutuhkan uang sekira 200 ribu yuan (30 ribu dolar).

Post tidak menjelaskan pihak mana yang menerima uang suap itu, namun dugaan sementara mengarah kepada ofisial Asosiasi Sepakbola China (CFA). Sayang, juru bicara CFA yang dihubungi Post masih enggan berkomentar atas laporan tersebut sebelum mendapatkan izin dari para petinggi asosiasi.

Kesempatan bermain di timnas tidak hanya mendongkrak prestise sang pemain. Pendapatan pemain pun bisa bertambah berkali-kali lipat menyusul tawaran gaji tinggi dari klub-klub profesional terhadap mereka. Selain itu, peluang untuk hijrah ke luar negeri juga semakin terbuka lebar.

Laporan Post ini kian membenamkan predikat CFA di mata masyarakat. Pasalnya, belum lama ini CFA juga dihantam isu skandal pengaturan laga serta korupsi.

Desember lalu, 16 ofisial tim dan beberapa orang lainnya ditangkap atas tuduhan penyuapan atau mengancam pemain dan wasit untuk menentukan hasil pertandingan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s