Boediono Dilaporkan ke Polda DIY, Ada Apa Lagi Nih?


Dua mantan anggota DPRD Yogyakarta periode 1999-2004 melaporkan Wakil Presiden Boediono ke Polda DIY. Keduanya adalah pantia anggaran Cinde Laras Yuliato dan Nanda Irwan.

Boediono dianggap ikut bertanggung jawab atas pemotongan pajak penghasilan PPH 21 terhadap Dana Purna Tugas (DPT) kedua anggota DPRD tersebut.

Menurut Cinde Laras, Boediono selaku Menteri Keuangan pada waktu itu harus ikut bertanggung jawab terhadap pemotongan dana purnatugas yang dinilai telah menjadi haknya. Dana purnatugas yang diterimanya dianggap sebagai uang korupsi, namun dia mempertanyakan bagaimana dengan yang memotong pajaknya.

“Saya melaporkan Menteri Keuangan, karena di dalam kop surat pajak, tertulis Departemen Keuangan. Jadi saya melaporkan Menteri Keuangan pada waktu itu yang dijabat oleh Pak Boediono yang sekarang menjabat Wakil Presiden,” terang Cinde Laras di Mapolda DIY, Kamis (4/22010).

Cinde berharap dengan laporan itu kepolisian akan memeriksa perkara tersebut secara adil, dan semua pihak yang terlibat dapa diperiksa. Dia juga menyerahkan semua dokumen terkait untuk mempermudah polisi melakukan pemeriksaan.

Menurutnya, Menkeu dilaporkan karena uang DPT yang diterimanya telah dipotong pajak penghasilan, sehingga dirinya menerima uang tersebut. Padahal akhirnya dia dipidana karena uang DPT yang telah dipotong PPH 21 itu.

“Saya diberi uang yang sudah dipotong pajak PPH 21, saya terima itu, kok saya dipidana. Tokoh ini kan sepertinya menjebak saya untuk mempidana saya. Jika sudah dipotong PPH 21, ya uang sah. Jika uang tersebut diperkarakan, ya harusnya pemungut pajak dalam hal ini jajaran Departemen Keuangan yang pada waktu itu dipimpin oleh Boediono sebagai menteri keuangan saya minta juga diperkarakan,” jelas Cinde.

Akibat menerima DPT, Cinde diputus bersalah dengan pidana 4 tahun penjara ditambah denda Rp200 juta.
(Sita Maharani/Trijaya/ton)
*okezone

3 thoughts on “Boediono Dilaporkan ke Polda DIY, Ada Apa Lagi Nih?

Tinggalkan Balasan

