Komunikasi Politik SBY (Hanya) Bagus bagi Dunia Internasional


Pengamat politik Burhanudin Muhtadi menilai wajar penghargaan Gold Mass Standard Award kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang diberikan oleh Public Affairs Asia dalam Foreign Correspondences Club di Hong Kong. Pasalnya indikator yang digunakan untuk menilai berbeda, SBY dinilai memiliki komunikasi bagus dalam kancah internasional.

“Indikator yang mereka pakai adalah SBY sebagai salah satu pemimpin dunia dalam menjalin persahabatan dengan dunia internasional, berbeda dengan apa yang kita lihat itu komunikasi domestik,” tutur Burhan saat berbincang dengan okezone, Minggu (7/2/2010).

Berkaitan dengan komunikasi politik SBY di dalam negeri belakangan, Burhan mengakui memang banyak yang mengkritiknya. SBY menonjolkan sosok pemimpin yang tidak tahan banting, tidak tegas dan cengeng.

Sebenarnya, sambung Burhan, apa yang dilakukan SBY sebagai manusia biasa itu wajar, namun jika kerap kali dilakukan akan menimbulkan kesan SBY lemah dan kurang siap dikritik. “Sebaiknya SBY jangan terlalu sering curhat (curahan hati),” tambahnya.

Presiden, sebaiknya menanggapi subtansi yang diberikan para demonstran, “Bukan teknik dan pernak-pernik yang ada dalam aksi demonstrasi itu,” tandasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pengamat politik Tjipta Lesmana menilai komunikasi politik SBY sangat buruk. SBY sering mengeluarkan ancaman kepada partai politik mitra koalisinya melalui isu reshuffle. SBY juga sering ‘curhat’ melalui media massa karena merasa terdzalimi.(bul)(hri)

*okezone

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s