Pansus Bank Century, 9:0


Pandangan fraksi soal aliran dana Bank Century sudah disampaikan. Aliran dana Bank Century sendiri merupakan temuan ke 8 dan 9 di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Ini temuan 8 dan 9 soal aliran dana. Soal ini, relatif semua fraksi sepakat ada penyimpangan. Benar kan 9:0,” kata Hendrawan Supratikno, anggota Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Bank Century dari Fraksi PDI Perjuangan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 16 Februari 2010.

Menurut Hendrawan perlu dipahami klasifikasi temuan-temuan yang telah disampaikan BPK.

Temuan BPK ke 1 adalah soal proses merger dan pengawasan Bank Century oleh Bank Indonesia. Temuan kedua soal pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP).

“Untuk temuan 1 dan 2, relatif tidak ada masalah. Sepakat, semua fraksi menilai ada penyimpangan disana,” kata dia. Untuk temuan aliran dana, Hendrawan malah yakin hasil skor akhirnya adalah 9 lawan 0.

Tetapi, lanjut dia, perbedaan signifikan justru akan terlihat pada tiga temuan BPK lainnya. “Yang kemungkinan perbedaan itu temuan 3, 4, dan 5. Soal kebijakan,” ujar anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Tengah X ini.

Ini temuan BPK ke 3, 4, dan 5:
– Penetapan BC sebagai bank gagal berdampak sistemik dan penanganannya oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)
– Penggunaan dana FPJP dan PMS (Penyertaan Modal Sementara)
– Praktik-praktik tidak sehat dan pelanggaran-pelanggaran ketentuan oleh pengurus bank, pemegang saham, dan pihak-pihak terkait dalam pengelolaan Bank Century yang merugikan Bank Century.


ismoko.widjaya@vivanews.com

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s