JK Rowling Menjiplak? Benarkah?


Popularitas Harry Potter memang tak perlu lagi diragukan. Baik novel maupun versi film layar lebarnya selalu ditunggu-tunggu oleh banyak orang di seluruh dunia. Mungkin karena itu pula banyak penulis yang kemudian ‘merasa dirugikan’ dan menganggap karya JK Rowling adalah jiplakan dari karya mereka.

Paling tidak sampai saat ini sudah ada dua gugatan atas JK Rowling yang diajukan ke pengadilan dengan tuduhan yang sama, menjiplak. Setelah gugatan pertama tahun 2004 lalu, kini JK Rowling kembali harus berhadapan dengan penulis buku THE ADVENTURES OF WILLY THE WIZARD: NUMBER ONE LIVID LAND dengan tuduhan menjiplak buku yang ia tulis di tahun 1987 itu.

“Terus terang saya sedih karena munculnya lagi tuduhan bahwa saya mengambil materi dari sumber lain saat menulis Harry. Faktanya, saya sama sekali belum pernah mendengar nama penulis itu atau bukunya bahkan sebelum tuduhan pertama oleh mereka yang terkait dengan penulis itu di tahun 2004,” papar JK Rowling seperti dikutip dari Splash News.

Lebih jauh JK Rowling mengatakan kalau pihaknya, “Akan meminta pengadilan untuk segera membatalkan gugatan tersebut karena sama sekali tidak berdasar.” (spl/roc)

*kapanlagi.com

One thought on “JK Rowling Menjiplak? Benarkah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s