Mau Jadi Preman? Siapkan 2 Juta Rupiah untuk Modal Anda!


Modal nekat dan tampang seram ternyata tak cukup untuk bisa menjadi preman. Untuk masuk ke dalam jaringan preman juga diperlukan uang penjamin alias deposit yang disetorkan kepada bos preman.

Demikian diungkapkan pengamat perkotaan Universitas Trisakti Yayat Supriyatna kepada okezone di Jakarta, Selasa (15/6/2010).

“Di stasiun kereta itu ada yang namanya jaringan pencopet. Kalau seorang preman mau masuk, harus punya lisensi dengan membayar Rp2 juta sampai Rp2,5 juta,” ungkapnya.

Sebagai kompensasi atas uang deposit tersebut, apabila tertangkap saat beraksi maka akan diurus oleh jaringan preman yang sudah memiliki ‘orang’ di kepolisian. “Kalau dia operasi dan tertangkap oleh aparat itu ada oknum polisi yang menangani,” ujarnya.

Di sisi lain, publik semakin permisif dengan aksi-aksi premanisme di ibukota. Pasalnya ongkos yang dikeluarkan lebih murah ketimbang melapor ke polisi apabila telah menjadi korban pemerasan oleh preman.

“Selama ini kan masyarakat diancam preman untuk memberikan Rp1.000 atau Rp5.000. Akar masalahnya, masyarakat pasti cari aman. Kalau bikin aduan ke polisi biayanya mungkin bisa Rp50 ribu. Polisi juga kan tidak akan gegabah menangkap orang tanpa ada barang bukti,” tandasnya.(ful)

sumber:

http://news.okezone.com/read/2010/06/15/338/342997/jadi-preman-harus-punya-modal-rp2-juta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s