Mahasiswa UI Mengatasi Kemacetan Jakarta! Hebat!


Dalam dua tahun ke depan, kemacetan Jakarta diharapkan bisa berkurang dengan memanfaatkan program pengaturan lalu lintas garapan para mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI).

Program yang diberi nama Distributed Traffic Control (DTC) ini, merupakan program tiga tahun kerja sama UI dengan Traffic Management Control (TMC) Polda Metro Jaya. DTC disuguhkan pada Pameran Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2010 di Jakarta Convention Center (JCC).

Mahasiswa Fasilkom UI Muhammad Febrian Rachmady DTC dirancang untuk mengatur arus lalu lintas pada sebuah persimpangan yang dilengkapi dengan lampu lalu lintas. Perlu diketahui, saat ini, sistem pengaturan lampu lalu lintas masih diatur secara manual dengan durasi berbeda untuk tiap persimpangan. “Padahal kebutuhan tiap persimpangan berbeda-beda, di antaranya tergantung dari kepadatan lalu lintas dan panjang jalan pada persimpangan tersebut,” jelas Febrian kepada okezone, Kamis, 24 Juni, kemarin,

Febrian menjelaskan, cara kerja DTC berikut dengan ilustrasinya. Misalnya di persimpangan pertama, sebuah mobil bisa terus melaju karena lampu lalu lintas menyala hijau. Tetapi mobil tersebut kemudian tertahan karena di persimpangan berikutnya lampu yang menyala ternyata merah. Sistem DTC akan menyetel lampu di persimpangan kedua, ketiga, dan seterusnya yang masih berada pada satu jalur menjadi hijau juga. Dengan demikian, kemacetan karena perbedaan nyala lampu di tiap persimpangan bisa dikurangi.

“Setiap persimpangan nantinya akan berkomunikasi. Sehingga apabila satu mobil melewati sebuah persimpangan dengan lampu lalu lintas menyala hijau, maka secara otomatis lampu di persimpangan berikutnya akan menyala hijau juga,” tambahnya.

Program yang baru berjalan satu tahun ini masih menampilkan simulasi pada komputer. Dalam dua tahun, diharapkan sistem ini sudah bisa diaplikasikan.

sumber:

http://kampus.okezone.com/read/2010/06/24/373/346382/atasi-kemacetan-jakarta-ala-mahasiswa-ui

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s